Selasa, 09 April 2013

jajanan tradisional khas anak" Bandung

jajanan tradisional BANDUNG


         

haaiiii ... bertemu lagi nih sama ane gan :)
 cerita kali ini ane akan bercerita jajanan khas Bandung ..
bisa dibilang hobi ,
   dan hobi ane jajan :D
kita langsung ajah deh yuuuuu .......

     Sewaktu saya kecil, banyak sekali jajanan yang saya gemari. Setiap ada penjual jajanan yang lewat, pasti saya minta berhenti di depan rumah saya. Sebagai penggemar berat jajanan, berikut ini saya rangkum jenis-jenis jaajnan favorit saya semasa kecil:


1. cimol
2. cilung
3. awug
4. colenak
5. surabi
6. baso tahu
7. Batagor
8. Cilok BIP
9. Basreng
10. Odading
11. Cakue (plus saus sambal)
12. Mie ayam SMP
13. basoikan
14. Mie kocok
15. Bubur lemu (plus pacar cina)
16. Es lilin
17. Cingcau
18. Lotek atah & Lotek asak
19. Kupat tahu
20. Karedok
21. Gehu
22. Bala-bala
23. Colenak
24. Getuk Lindri
25. Sekoteng
26. Bandrek
27. Bajigur

dari ke 27 makanan diatas yang ane favoritkan yaituuuuuu ,,,, "ES LILIN" :)



      





es lilin inih selain rasanya banyak dengan berbagai rasa ... bentuknya pun unik seperti lilin . itulah yang bikin ane senang gan :)
 waktu dulu pernah sewaktu ketika saya sedang bermain "sondah'' bersama teman-teman san rasanya itu caaapeeee , haauuusss :( kebetulan ada c'emang tukang dagang es lilin lewat diborong dehh semuanya :D hahahah ..


 yaudah kita langsung ajah yuu bercerita mengenai sejarahnya ,,, ;)


   Sebagai salah satu jajanan khas Bandung, Es Lilin memang tenar sejak dahulu kala. Gak heran kalau sampai ada judul lagu Es Lilin, yang sampai sekarang pasti masih sering dilantunkan penyanyi asal Bumi Parahyangan.
Istilah ‘lilin’ digunakan untuk jenis Es ini, karena bentuknya yang lonjong dan langsing, seperti lilin. Bahan membuat Es Lilin sangat sederhana, yaitu campuran antara susu dan santan. Bermacam-macam varian rasa dari Es Lilin, bisa rasa Alpukat, Stroberi, Coklat, Ketan Item, Melon dan masih banyak lagi. Ada juga yang menyebutnya dengan Es Goyang, karena saat membuat, si gerobak harus digoyang-goyang,  supaya semua bahan tercampur. Sekarang Es Lilin juga bisa dilumuri coklat dan kacang, tergantung kreasi penjualnya.

selain es lilin inih bentuknya unik dan rasanya pun enak , segar ,, lagunya pun bahkan ada yang di ciptaan Ibu Mursih yang dinyanyikan oleh Nining Meida. Lagu ini juga dipinjam oleh Siti Nurhaliza dan dinyanyikannya.


Es lilin mah didorong-dorong
dibantun mah dibantun ka Sukajadi
abdi isin ceuceu samar kaduga
sok sieun mah aduuh henteu ngajadi
Es lilin mah ceuceu buatan Bandung
dicandakna geuningan ka Cipaganti
abdi isin jungjunan duh bararingung
sok inggis mah aduuh henteu ngajadi
Itu saha dunungan nu nungtun munding
digantelan geuning ku saputangan
itu saha dunungan ku ginding teuing
sing horeng mah aduh geuning jungjunan
Es lilin mah ceuceu dikalapaan
raosna mah geuningan kabina-bina
abdi alim dunungan paduduaan
sok sieun mah dibantun kamana-mana
Kamana mah dunungan ngaitkeun cingcin
ka kaler mah aduuh katojo bolat
kamana mah dunungan ngaitkeun pikir
sakieu mah aduuh panas hatena.

  dan lagu ini sering dinyanyikan oleh orang-orang Bandung ..

 yaudah gan cukup disini dulu yah cerita ane :) ...nanti ane sambung lagi deh dilain waktu dannn tentunya ceritanya semmaakiin seru serudeh :) ..
 dadadadadadadaaaaaaahhhhhh ,,,,,,,,



0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar